Student Weekly Presentation

 

Connecting The Dots...
Rangkaian ayat-ayat Al-Qur'an yang dipelajari pada suatu pekan berjalan, ๐Ÿ“œessential knowledge, ✒️kandungan penting yang mencakup pembahasan terkait tauhid / aqidah bahkan akhlaq & adab, project yang dikerjakan serta karya-karya yang dibuat, ๐Ÿ“ worksheets, fun activities, story telling, hingga yang terpenting bagaimana anak melalui pekan tersebut bersama keluarga... akan ๐Ÿ’ญ๐Ÿ’ฌ dipresentasikan di akhir pekan setiap Hari Jumat.

Pada awal tahun ajaran, kebiasaan ini akan dimulai dari memunculkan naluri dasar anak untuk "bercerita" tentang pengalamannya. Basis kemampuan berbahasa paling dasar dalam bentuk komunikasi verbal, yang di alamnya terkandung challenge multi aspek termasuk sosial emosional.

Komitmen orang tua untuk membersamai anak, berkomunikasi dengannya, termasuk dalam metode pengajaran secara umum.

Pada tahap awal umumnya belum semua anak langsung "berani" presentasi. Namun influence dari teman-teman sekalas, motivasi dari Bu Guru & tentu saja orang tua di rumah. Pekan demi pekan berlalu... Dan atas izin Allah... banyak hal menakjubkan dari kegiatan presentasi ini. Bukan hanya dari sisi komunikasi verbal dan social emosional.. tetapi stimulasi untuk berkarya. Menjelaskan proses dan essential knowledge dari karyanya.

Anak belajar dari apa yang dialaminya, anak belajar secara alamiah, spontan, sehingga kualitas lingkungan tempat ia dibesarkan penting bagi pendidikan dan perkembangannya.

Disebutkan dalam ุชุญูุฉ ุงู„ู…ูˆุฏูˆุฏ ุจุฃุญูƒุงู… ุงู„ู…ูˆู„ูˆุฏ ู„ุงุจู† ู‚ูŠู… ุงู„ุฌูˆุฒูŠุฉ
"Di antara hal yang paling dibutuhkan oleh seorang anak adalah perhatian ekstra dalam masa perkembangan akhlaknya. Ia akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan pembiasaan diri dari orang yang mendidiknya pada waktu kecil;..."
Di dalam publikasi berjudul "Creativity and Creation in Early Childhood and Preschool Education Curriculum":
"Children are not only researchers of their environment, but they also experience this environment; to them, their environment has a subjective meaning, which is key in their attitude towards the entire educational process. Children learn what they experience, children learn in a natural, spontaneous way, so the quality of the environment in which they are growing up is important for their education and development (Hedges et al., 2011)."
[Anka Jurฤeviฤ‡ Lozanฤiฤ‡ University of Zagreb, Faculty of Teacher Education]