Menyingkirkan Gangguan di Jalan [Project Pekan 8 TKA]

 
Project W8 TKA & TKB2
Menyingkirkan gangguan di jalan

Rasulullah ﷺ bersabda:
كل سلامى من الناس عليه صدقة ، كل يوم تطلع فيه الشمس : تعدل بين اثنين صدقة ، وتعين الرجل في دابّته فتحمله عليها أو ترفع له متاعه صدقة ، والكلمة الطيبة صدقة ، وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة ، وتميط الأذى عن الطريق صدقة

pada bagian akhir disebutkan:
وَتُمِيطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ
"... dan Engkau menghilangkan rintangan di jalan adalah sedekah" [HR. Bukhari no. 2989 dan Muslim no. 1009]
lafadz di atas adalah Muslim
juga disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Arba'in An-Nawawiyah hadits ke-26

Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahullah di dalam Syarah Al-Arba'in An-Nawawi menyebutkan:
"Kemudian menyingkirkan gangguan dari jalan seperti duri, batu, beling, dan lainnya. Ini adalah perbuatan yang manfaatnya tidak terbatas bagi pelakunya saja."
Beliau juga menyebutkan
"Keutamaan menyingkirkan gangguan dari jalan. Disebutkan dalam hadits yang lain bahwa hal tersebut termasuk cabang keimanan."
Dalam hadits lain disebutkan, dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, beliau berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:
الإيمان بضع وسبعون أو بضع وستون شعبة، فأفضلها قول لا إله إلا الله، وأدناها إماطة الأذى عن الطريق، والحياء شعبة من الإيمان
[روى البخاري ومسلم]

****

Project meyingkirkan gangguan di jalan ini adalah project Pekan Ke-8 jenjang TKA & TKB2 bertepatan dengan pembahasan QS. Al-Lahab. Pada pekan-pekan awal didahului oleh pelajaran fundamental tentang Tauhid. Mulai dari QS. Al-Fatihah selama 3 pekan pertama, kemudian Al-Mmuawwidzat selama pekan 4-7. Diharapkan karakter anak-anak kita terbentuk secara terstruktur dan berkesinambungan. Dan termasuk bagian dari keimanan sebagaimana hadits di atas, adalah menyingkirkan gangguan di jalan. Perkara yang mungkin selama ini sering kita anggap remeh. Bahkan qadarullah saat ini banyak anak cenderung "acuh" terhadap lingkungan sekitar.

Padahal ketika ananda dijelaskan kemudian diajak untuk melakukan kegiatan ini... Maasyaa Allah sungguh dengan riang gembira dilaksanakan. Sekaligus eksplorasi motoric kasar. Stimulasi motorik halus (misalnya dengan menjumput ranting, dsb). Sosial-emosional, menumbuhkan kepedulian sekitar, serta tentu saja menanamkan keimanan sebagaimana kandungan hadits di atas, juga berbagai manfaat lain.

📷 Dokumentasi pelaksanaan Project 8
untuk ONLINE CLASS @zad.playschool
Segilintir foto dari sekian banyak dokumentasi kawan-kawan serta kakak-kakak alumni ONLINE CLASS Zad Islamic Playschool (project ini dilaksanakan dalam pengawasan penuh orang tua dengan memperhatikan aspek safety).

Untuk regular class (offline) kegiatan ini juga dilaksanakan di sekitar lingkungan sekolah.